S1 · Teknik Sipil dan Lingkungan · Institut Pertanian Bogor

Bogor
Rp 2.400.000 - Rp 11.000.000/Semester
Akreditasi A
Full Time
Belum ada rating

Highlights

Program studi S1 SIL melakukan pengembangan dan peninjauan kurikulum secara periodik dan mandiri dengan melibatkan semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal dengan mempertimbangkan visi dan misi departemen dan program studi, umpan balik, serta perkembangan ilmu dan teknologi, terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan. Peninjauan ini telah dilakukan melalui kegiatan lokakarya kurikulum pada tahun 2012, 2015 dan 2017. Pada tahun 2012, PS S1 SIL melakukan lokakarya pendidikan dalam rangka pengembangan kurikulum berbasis Outcomes Based Education (OBE) mengacu pada kurikulum inti Teknik Sipil dari Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Penyelenggara Teknik Lingkungan Indonesia (Bakerma TL). Kurikulum berbasis OBE baru diterapkan pada mahasiswa PS SIL yang masuk ke IPB tahun ajaran 2014/2015. Pada tahun 2017 dilakukan kembali lokakarya pendidikan sehubungan dengan dikeluarkannya SK Rektor IPB No 3/IT3/PN/2017 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) bagi Mahasiswa Program Sarjana dan Profesi Institut Pertanian Bogor. Berdasarkan SK Rektor IPB tahun 2017 tersebut maka mahasiswa program S1 IPB wajib untuk melaksanakan Program KKN-T. Sehubungan dengan itu maka terjadi perubahan kurikulum dan SKS MK pada PS SIL, yaitu MK Praktik Lapangan yang sebelumnya 3 SKS diubah menjadi 2 SKS dan penambahan MK KKN-Tematik dengan 3 SKS. Dengan demikian total SKS minimum untuk dapat lulus dari PS SIL adalah 147 SKS. Perubahan kurikulum ini mulai diberlakukan untuk mahasiswa baru PS SIL yang masuk ke IPB pada tahun ajaran 2015/2016.

Berikut ini adalah kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan di Institut Pertanian Bogor
NoNama mata kuliahKredit
1 Pengantar Ilmu Pertanian2
2 Bahasa Inggris3
3 Pendidikan Pancasila2
4 Olahraga dan Seni1
5 Pengantar Kewirausahaan1
6 Fisika3
7 Sosiologi Umum3
8 Pengantar Matematika3

* Dapat berubah sewaktu-waktu, kunjungi website resmi kampus untuk data terkini

Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.