S1 · Teknik Sipil · Universitas Pendidikan Indonesia

Bandung
Rp 500.000 - Rp 6.330.000/Semester
Akreditasi A
Full Time
Belum ada rating

Highlights

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil adalah salah satu jurusan yang berada dibawah Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia. Pada awalnya (tahun 1958) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur FKIT adalah merupakan lembaga pendidikan “kursus B1 teknik“ untuk program peningkatan mutu guru STM dan SGPT. Pada Tahun 1961 kursus B1 teknik diintegrasikan ke FKIP-B / teknik Universitas Pajajaran, dan selanjutnya tahun 1963 FKIP-A dan FKIP-B1/teknik,dan Institut Pendidikan Guru (IPG) digabung menjadi IKIP Bandung. Pada tahun 1983-1993, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur digabung menjadi satu Jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan di bawah naungan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) IKIP Bandung yang memiliki satu program studi yaitu Program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Pada tahun 2005-2009, Perubahan status UPI menjadi sebuah corporate university berstatus BHMN membangkitkan tuntutan kesiapan untuk mampu memainkan peranan sebagai agen perubahan. Pada saat yang sama, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FPTK harus pula mampu memposisikan dirinya secara proporsional ke arah pengembangan bidang ilmu dan teknologi kedalam batang tubuh keilmuannya, yaitu dari pendekatan yang berbasis pada rumpun spesifikasi keahlian dan ketrampilan bangunan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), kepada Jurusan yang berbasis pada pengembangan ilmu rekayasa engineering, yaitu pendidikan teknik Sipil dan perencanaan secara universal. pada tahun 2010, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil membuka penyelenggaraan Program Studi Baru yaitu Program studi Teknik Sipil (S1).

Berikut ini adalah kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester jurusan Teknik Sipil di Universitas Pendidikan Indonesia
NoNama mata kuliahKredit
1Pendidikan Agama2
2Pendidikan Pancasila2
3Bahasa Inggris2
4Matematika Dasar2
5Kajian Teknologi dan Vokasi2
6Fisika Teknik2
7Mekanika Bahan3
8Pemrograman Komputer2
9Gambar Struktur Bangunan3

* Dapat berubah sewaktu-waktu, kunjungi website resmi kampus untuk data terkini

Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.