Universitas Terbuka

Rp 1.300.000 - Rp 1.900.000/Semester
Akreditasi B
4.8

Alamat

Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang

Tangerang, Banten, 15437

Cek Map

Kontak

hallo-ut@ut.ac.id
021-1500024

Highlights

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana. Sejak tahun 2019, UT membuka program Doktor.

Di bawah ini adalah berbagai jurusan yang ada di Universitas Terbuka

Universitas Terbuka, Bagus atau Tidak?


Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45. Kampus satu ini diresmikan pada tanggal 4 September 1984. Peresmiannya berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 41 Tahun 1984. Kampus satu ini mengusung pembelajaran non tatap muka atau bisa juga melalui internet. Universitas satu ini memiliki empat fakultas, selain itu juga memiliki Magister dan Doktor dalam program Pascasarjana.

Selain jenjang pendidikan, Universitas Terbuka ini juga membuka jenjang Magister dan Doktor di Program Pascasarjana. Lembaga pemeringkatan UI Green Metric ini memberikan penilaian dan menyelenggarakan publikasi tahunan peringkat universitas di dunia. Pemeringkatan itu dilakukan di Universitas Indonesia kepada universitas yang mana memberikan komitmen kepada tindakan penghijauan dan juga keberlanjutan lingkungan. 


Peringkat UT

Pemeringkatan ini disesuaikan pada kepedulian universitas pada 6 kriteria dengan 38 indikator seperti pengaturan gedung dan menuju lingkungan yang hijau, menggunakan energi, alternatif energi dan masalah perubahan iklim, perlakuan dan daur ulang sampah maupun limbah. Kriteria selanjutnya adalah program transportasi ramah lingkungan. Yang terakhir adalah pembina generasi hijau dengan pendidikan, penelitian dan aktivitas penunjang. 

Universitas terbuka ini berpartisipasi pada pemeringkatan UI GreenMetric sejak tahun 2011 dan di tahun 2020 peringkat kampus ini adalah 25 dari 89 peserta Indonesia. Untuk peringkat dunia berada di posisi 344 dari 920 peserta dunia yang mana meliputi 85 negara.

Menurut penilaian Webometrics pada bulan Januari 2020 yang diumumkan pada akhir Januari, universitas satu ini menempati peringkat 61. Dalam peringkat dunia kampus yang juga disebut dengan UT ini menempati peringkat 4930.

Sudah Memiliki Legalitas

Karena pembelajarannya jarak jauh banyak yang meremehkan legalitas dari kampus satu ini. Yang harus diingat disini adalah kampus satu ini sifatnya adalah PTN dan sudah terakreditasi. Universitas ini sudah mengantongi akreditasi dari BAN PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Untuk akreditasi luar negeri sudah mendapatkan sertifikat ISO dan juga ICDE sehingga soal legalitas Anda tidak perlu meragukannya lagi. Hanya saja kampus ini menjadi universitas yang pendidikannya menggunakan jarak jauh. Sejak awal pendiriannya di tahun 1984, izinnya sudah didesain dengan pendidikan tinggi jarak jauh. Tidak hanya daring saja, namun kampus ini juga menggunakan luar jaringan atau luring.

Lulusan Terkenal UT

Ada banyak lulusan terkenal dari universitas satu ini yang dikenal oleh masyarakat Indonesia.  Bahkan beberapa diantaranya ini merupakan tokoh berpengaruh di Indonesia. Alumni terkenal Universitas Terbuka yang pertama ada Wiranto. Ia pernah menjabat sebagai Partai Hanura dan pernah dicalonkan menjadi wakil presiden bersama dengan Jusuf Kalla.

Tidak hanya dari kalangan politikus saja, di dunia hiburan atau entertainment ada Happy Asmara dan Putri Una yang sering wara-wiri di pertelevisian Indonesia. Happy Asmara merupakan penyanyi yang sedang naik daun saat ini sedangkan Putri Una adalah seorang DJ.


Demikianlah beberapa informasi tentang Universitas Terbuka yang menarik untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.


Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.