Jurusan Meteorologi

Nama lain program studi

Meteorologi Terapan

Meteorologi

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Jurusan Meteorologi sangat prospektif. Selama tinggal di Indonesia apa Anda sudah tahu iklim dan cuaca di tempat yang Anda tinggali ini? apa pernah Anda berpikir tentang perubahan iklim secara global serta dampaknya? Jangan berpikir jika iklim yang ada di Indonesia ini hanya kemarau dan hujan. Hal itu karena akhir-akhir ini banyak sekali cuaca yang anomali. Adanya anomali ini banyak yang diperdebatkan di kalangan akademisi terutama di jurusan satu ini.

Jurusan Meteorologi Prospektif, Tidak Hanya Memperkirakan Cuaca

Mengapa Jurusan Meteorologi?

Anda yang tertarik dengan perubahan iklim, perilaku bumi dan dampak terhadap semua makhluk bumi yang ada di dalamnya sangat cocok untuk mengambil jurusan ini. Anda akan belajar tentang fenomena alam seperti iklim dan cuaca, Anda akan menganalisanya untuk bisa membantu kehidupan manusia di berbagai sektor.

Jurusan satu ini dibutuhkan dalam berbagai sektor salah satunya dalam bidang arsitek. Dengan pengetahuan meteorologi arsitek mampu mendesain bangunan sesuai dengan iklim. Misalnya saja desain rumah di Jepang ini menggunakan pengetahuan meteorologi agar salju tidak menumpuk.

Dunia Perkuliahan

Anda yang kuliah di jurusan Meteorologi ini tidak hanya belajar tentang perkiraan cuaca saja. Anda juga akan belajar tentang dinamika, konsep iklim maupun cuaca termasuk di wilayah tropis.  Di jurusan ini Anda akan belajar tentang dampak perubahan iklim dan kelangsungan hidup semua makhluk yang ada di muka bumi ini. 

Selama kuliah Anda akan belajar berbagai macam ilmu seperti Fisika, Kimia dan Statistika. Anda juga akan belajar tentang Pengamatan Udara, Komputasi, Perkiraan Cuaca, Analisis Cuaca dan masih banyak lagi lainnya. Anda akan terlatih untuk melakukan perkiraan Meteorologi penerbangan, maritim dan berbagai macam pelayanan umum yang mana berhubungan dengan iklim dan cuaca.

Yang disayangkan adalah belum banyak perguruan tinggi yang memiliki Jurusan satu ini. Beberapa kampus tersebut adalah Universitas Halu Oleo, ITB dan IPB. Di ITB ini sendiri sudah memiliki kerja sama dengan BMKG, LAPAN Universitas Tokyo, BPPT, LIPI, WWF, WALHI bahkan bekerja sama dengan Greenpeace.

Prospek Kerja

Anda akan memiliki prospek untuk bekerja di instansi pemerintah dimana Anda bisa bekerja di Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, RISTEK, LIPI dan berbagai instansi sejenis yang mana memiliki tugas untuk menganalisis cuaca. 

Anda bisa bekerja di bagian Akademik menjadi staff pengajar yang ada di Perguruan Tinggi, bekerja di sektor pertanian bersama dengan pakar ilmu tanah, agronomi dan sebagainya. Anda juga bisa bekerja di penerbangan yang mana skill Anda ini diperlukan untuk bisa mengetahui cuaca saat penerbangan dilakukan.

Anda memiliki prospek kerja di dunia militer dimana Anda akan terlibat pada riset untuk kepentingan militer. Riset ini digunakan untuk mengetahui keterkaitan cuaca dengan taktik strategi yang tepat. Anda bisa bekerja dalam dunia maritim. Tugas Anda disini adalah meramal dan mengetahui gelombang laut dan angin untuk operasi kelautan dan perkapalan.

Jurusan Meteorologi ini sangat prospektif karena dibutuhkan dalam berbagai aspek, untuk bisa masuk jurusan satu ini di kampus favorit Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena tingkat persaingan yang ketat.