Jurusan Teknik Pertambangan

Nama lain program studi

Teknik Pertambangan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik pertambangan adalah jurusan yang fokus mempelajari proses penambangan mineral berharga seperti emas, atau batubara. Proses penambangan tentunya harus dilakukan dengan teknik khusus. Orang tidak bisa hanya menggali mineral berharga tanpa mengetahui teknik dan prosedurnya. Nah di jurusan teknik pertambangan, mahasiswa akan dibekali ilmu tentang mineral, fungsi dan kegunaannya, serta proses pengolahan yang tepat. teknik pertambangan termasuk jurusan yang sangat populer dan bisa ditemukan di banyak universitas.

Teknik Pertambangan, Jurusan yang Lulusannya Dibayar Sangat Tinggi

Alasan Memilih Jurusan Ini

Kamu yang memilih jurusan ini hampir bisa dipastikan punya masa depan yang cerah. Banyak alumni yang masuk ke industri mining, dan mendapat bayaran yang sangat besar. Tenaga profesional yang berpengalaman bisa digaji hingga puluhan juta per bulan. Apalagi, dengan terus berkembangnya industri pertambangan maka orang yang ahli di bidang ini pun akan semakin dicari. Bumi sendiri menyimpan sumber daya yang melimpah. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dan mengolahnya menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. 

Selain itu, program studi ini bisa mengantarkan kamu untuk memulai karier di luar negeri. Seperti kita ketahui bahwa sektor pertambangan sendiri banyak dikuasai oleh perusahaan asing. Itulah sebabnya, kamu yang ahli di bidang ini punya kesempatan besar untuk bekerja dan berkarir di luar negeri. Hanya saja, tantangan untuk masuk ke teknik pertambangan bisa dikatakan sangat sulit. Kamu harus bersaing dengan ribuan mahasiswa lainnya yang membutuhkan perjuangan ekstra keras. 

Dunia Perkuliahan Teknik Pertambangan

Selama masa perkuliahan, kamu akan bertemu banyak mata kuliah yang fokus membahas masalah pertambangan. Beberapa mata kuliah yang akan ditemukan antara lain teknik eksplorasi, pengeboran dan penggalian, petrologi, geologi fisik, mekanika fluida, kalkulus, fisika dasar dan lain sebagainya. Selama empat tahun kuliah di sini, kamu akan belajar proses eksplorasi tambang, proses eksploitasinya dan pemrosesan bahan mentah menjadi sesuatu yang berharga. Selain belajar di kelas, banyak waktu yang akan dihabiskan di laboratorium untuk melakukan penelitian. Jadi, kamu yang menyukai proses observasi atau senang menganalisis maka sangat cocok untuk masuk jurusan ini.  

Karir dan Prospek Kerja

Target utama lulusan teknik pertambangan adalah berkarir di industri pertambangan. Spesifiknya, kamu bisa memilih untuk masuk di bidang batubara, tembaga, emas, nikel, timah dan industri mineral lainnya. Selain itu, industri lain seperti semen dan pembangkit listrik juga membutuhkan lulusan yang ahli di bidang pertambangan. Ingin menjadi abdi negara pun sangat bisa, kamu boleh melamar ke kementerian ESDM. Mengenai masalah gaji kamu tak perlu meragukannya. Alumni jurusan ini merupakan salah satu yang mendapat bayaran atau gaji tertinggi di Indonesia. Sehingga, tidak salah mengatakan bahwa program studi ini menawarkan prospek masa depan yang cerah kepada para lulusannya.