Jurusan Teknik Dirgantara

Nama lain program studi

Teknik Dirgantara

Teknik Penerbangan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Matematika

Deskripsi

Teknik Dirgantara saat ini banyak dilirik. Jurusan satu ini sangat prospektif dan dipercaya akan memberikan masa depan yang cerah. Sesuai dengan namanya jurusan satu ini berhubungan dengan penerbangan khususnya pesawat. Tentu Anda sudah tahu dengan almarhum BJ Habibie. Beliau adalah sosok jenius yang namanya mendunia dalam bidang penerbangan. Setelah kuliahnya selesai, BJ Habibie kemudian bekerja di perusahaan penerbangan ternama di Jerman. Perusahaan itu bernama MBB atau Messerschmitt-Bölkow-Blohm.

Jika Anda ingin seperti sosok BJ Habibie dan keterlibatannya dalam dunia penerbangan Anda bisa masuk jurusan satu ini. Di Jurusan Teknik Dirgantara Anda akan belajar atau mengenal semua hal yang berhubungan dengan penerbangan mulai dari sisi teknik, mesin sampai dengan teknologi transportasi udara.

Teknik Dirgantara, Cocok untuk Anda yang Ingin Menjadi Ahli Transportasi Udara

Mata Kuliah yang Dipelajari

Jurusan satu ini disebut juga dengan teknik penerbangan. Di jurusan ini Anda akan belajar tentang ilmu keteknikan pesawat, penerbangan dan kedirgantaraan. Anda akan belajar perancangan dan pengoperasian pesawat terbang. Anda juga akan belajar tentang pesawat luar angkasa, satelit dan roket. 

Tentunya Jurusan Teknik Dirgantara akan sangat menarik, ada beberapa mata kuliah yang bisa Anda dapatkan seperti Gambar Teknik, Rekayasa Termal, Matematika Teknik, Astrodinamika, Aerodinamika, Aerodinamika. Mata kuliah lainnya yang akan Anda pelajari adalah Sistem Transportasi Udara dan Pesawat Udara, Desain Pesawat Udara dan Gambar Teknik. Selain itu juga ada mata kuliah Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara, dan Rekayasa Perawatan Pesawat Udara.

Dunia Perkuliahan

Pelajaran sains dasar misalnya matematika, fisika dan kimia didapatkan awal kuliah. Anda akan sering melakukan beberapa kegiatan praktik dan penelitian. Anda akan disibukkan dengan pengumpulan data dan menulis laporan praktikum. Di tahun kedua Anda akan belajar tentang teknik dasar permesinan. Anda mempelajari mekanika kekuatan material, mekanika fluida, statistik dan lain sebagainya. 

Di tahun ketiga Anda akan mempelajari hal yang menantang yaitu aerodinamika. Disini Anda akan diajak untuk mulai membangun imajinasi, analisis dan matematis yang mumpuni. Anda akan belajar bagaimana membuat desain pesawat yang ringan namun bisa menahan beban yang ada di pesawat itu.

Pada tahun keempat Anda harus mulai menyelesaikan kuliah Desain Pesawat Udara atau DPU. Tahun keempat ini menjadi penentu konsentrasi yang lebih tepat untuk Anda. Anda bisa memiliki konsentrasi di Desain Operasional Perawatan Pesawat Terbang atau struktur ringan atau fisika terbang.

Prospek Kerja

Ada banyak prospek yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan satu ini.  Perkiraan pada tahun 2030 nanti Indonesia akan memiliki jumlah penumpang pesawat fantastis yaitu mampu angka 294 juta orang. Jumlah armada pesawat yang dimiliki juga semakin banyak  sehingga jurusan ini akan mendapatkan lapangan pekerjaan yang luas.

Anda tidak hanya bekerja di dalam negeri saja, jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing dan bagus Anda bisa bekerja di industri pesawat terbang yang ada di luar negeri. Tentunya gaji yang akan didapatkan ini sangat besar dan kompetitif. Anda bisa bekerja di LAPAN atau Pusdislitbang milik dari TN AU, Anda bisa merancang dan menghasilkan drone yang canggih.

Jurusan Teknik Dirgantara ini sangat prospektif di masa depan karena kebutuhan akan lulusan satu ini yang semakin meningkat, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.