Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Nama lain program studi

Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Kimia

Deskripsi

Teknik Bioenergi dan Kemurgi masih menjadi jurusan yang asing bagi kebanyakan orang. Jurusan ini mempelajari tentang formulasi masalah tentang pemrosesan dan pengolahan bahan nabati yang mana diolah menjadi bahan non pangan dalam skala industri. Jurusan ini juga mempelajari tentang sumber energi baru dan terbarukan. Selain itu juga mengajarkan pemanfaatan kekayaan Indonesia secara efisien dan efektif. Secara bidang keilmuan, jurusan ini sangat dekat sekali dengan Teknik Kimia.

Mengenal Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi dan Prospeknya

Dunia Perkuliahan

Saat kuliah disini Anda akan belajar tentang pemprosesan bahan nabati menjadi biofuel. bioetanol, biogas dan sebagainya juga menjadi fokus utama dalam Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Kuliah di jurusan ini akan membuat Anda akrab dengan proses ekstraksi bio elastomer di dalam industri karet, biopolymer dalam industri plastik, tekstil dan kertas. 

Menjadi mahasiswa di jurusan ini akan membuat Anda belajar tentang mekanika fluida, operasi perpindahan kalor untuk mengolah bahan dengan nilai ekonomi. Anda juga bisa memodelkan suatu masalah menjadi bahasa Matematika sampai mengolah kimiawi mikroba, alga, tak berkayu dan berkayu untuk bisa mendapatkan komposisi zat yang diinginkan. Anda juga akan belajar bagaimana cara mengoperasikan pabrik supaya bisa berfungsi secara maksimal. Anda akan belajar dan terlibat di dalam analisis ekonomi pasar.

Mengapa Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi?

Ada beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Alasan yang pertama adalah Anda bisa memasuki karir di dalam bidang energi alternatif, teknologi pasca panen dan riset bioenergi. Seperti yang Anda tahu bahwa saat ini pemerintah sedang menggalakkan energi terbarukan sebagai sumber daya untuk bisa menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan. Lulusan teknik satu ini bisa bekerja di industri pada sektor BUMN, Kementerian maupun swasta.

Prospek Kerja dan Pilihan Karir

Bisa dikatakan bahwa Teknik Bioenergi dan Kemurgi ini memiliki prospek kerja dan pilihan karir yang beragam. Ada beberapa pilihan karir yang bisa Anda dapatkan seperti Ahli Kimia, Ahli Teknik Industri, Auditor Energi, Ahli Teknik Kimia, Ahli Pengolahan Bahan Bakar, Ahli Teknik Biologi, Manajer Produksi Industri, Ahli Biostatistik dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi ini akan semakin diperlukan di masa depan sehingga jurusan ini memiliki prospek yang cerah, Anda bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan.