Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Nama lain program studi

Teknik Tenaga Listrik

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik tenaga listrik fokus mempelajari hal yang berkaitan dengan pembangkitan, distribusi, transformasi dan penggunaan energi listrik. Listrik berperan vital hampir di semua aspek kehidupan. Kamu bisa membaca tulisan ini berkat adanya bantuan listrik. Maka dari itu, perkembangan di bidang kelistrikan pun terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini demi menunjang kebutuhan akan listrik.

Energi listrik berdampak positif dalam produktivitas manusia baik dalam skala rumah tangga maupun skala produksi industri. Bagai pedang bermata dua, kebutuhan listrik yang tinggi menyebabkan sumber asal energinya tereksploitasi. Dampak lingkungannya tentu saja buruk. Sehingga, diperlukan pengembangan teknologi yang membuat efisien mulai dari proses konversi energi primer ke listrik, proses distribusi, dan penggunaan energi listrik. Hal semacam inilah yang menjadi tantangan para mahasiswa teknik tenaga listrik.

Teknik Tenaga Listrik, Prodi dengan Prospek Kerja yang Jelas

Alasan Masuk Jurusan Ini

Bidang ketenagalistrikan termasuk bidang yang terus stabil setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan listrik yang terus ada, baik untuk penggunaan rumah tangga maupun industri. Apalagi di masa yang serba digital ini, peran listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting. Listrik menjadi pusat dari segala teknologi, karena ialah yang memberikan sumber daya untuk menjalankan sistem. Oleh karena itu, kebutuhan SDM yang ahli di bidang listrik akan terus ada dan meningkat setiap saat. 

Dunia Perkuliahan

Teknik tenaga listrik mempelajari ilmu dan teknik yang berkaitan dengan tenaga listrik. Jurusan ini fokus membahas persoalan kelistrikan yang sering muncul, khususnya di bidang pembangkitan ,transmisi , dan distribusi daya listrik. 

Program studi ini berkaitan erat dengan ilmu fisika. Kamu yang kuliah di jurusan ini akan berkecimpung dengan teori fisika, termasuk hitung-hitungan hingga melakukan praktek secara langsung. Pemahaman akan fisika dan matematika dibutuhkan sebagai modal dasar untuk menguasai materi kuliah. Beberapa mata kuliah yang akan ditemui antara lain fisika dasar, kalkulus, matematika teknik, elektronika, rangkaian elektrik, teknik tegangan tinggi, medan elektromagnetik dan lain-lain. 

Selain kelistrikan, pemahaman akan teknologi juga dibutuhkan. Sehingga, jangan heran kalau nantinya kamu akan mendapat banyak ilmu komputer. Hal ini merupakan bagian dari penyesuaian yang terjadi di lapangan secara lebih real time. Sebab, pengoperasian sistem tenaga listrik sudah banyak mengandalkan sistem komputer.  

Karier dan Prospek Kerja

Lulusan Teknik tenaga listrik cenderung lebih terarah dengan prospek kerja yang jelas. Umumnya, para alumni bekerja di sektor pembangkit listrik, transmisi, hingga pemanfaatan listrik untuk berbagai hal. Posisi yang ditempati tentu beragam. Ada yang menjadi perancang, peneliti, bagian pemeliharaan sesuai minat dan keinginan. Secara garis besar, lulusan program studi ini berkesempatan kerja di:

  1. PLN
  2. Perusahaan Pembangkitan Tenaga Listrik, Independent Power Plant Company (IPP) di perusahaan swasta maupun nasional.
  3. Industri peralatan listrik
  4. PERTAMINA dan perusahaan tambang
  5. Tenaga Ahli Listrik di berbagai industri
  6. Sektor Pendidikan dan lain-lain.