Sedang Mengincar Beasiswa? Ketahui Cara Mendapatkan dan Mekanismenya Disini!

04 April 2021, 15:00 · 2 menit, 19 detik waktu membaca

Beasiswa menjadi incaran bagi pelajar maupun mahasiswa. Bentuknya merupakan bantuan dalam hal keuangan. Bantuan ini diberikan dengan tujuan agar pendidikan bisa berlangsung dan tidak terputus di tengah jalan. Karena berupa bantuan, tentunya tidak semua pelajar maupun mahasiswa bisa mendapatkannya. Ada kriteria tertentu yang berhak mendapatkannya.

Beasiswa menjadi incaran bagi pelajar maupun mahasiswa. Bentuknya merupakan bantuan dalam hal keuangan. Bantuan ini diberikan dengan tujuan agar pendidikan bisa berlangsung dan tidak terputus di tengah jalan. Karena berupa bantuan, tentunya tidak semua pelajar maupun mahasiswa bisa mendapatkannya. Ada kriteria tertentu yang berhak mendapatkannya.

Cara Mendapatkan

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan keuangan khusus pendidikan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut seperti berikut ini:

1. Rajin mencari informasi

Anda harus rajin dalam mencari informasi. Banyaknya mahasiswa yang di sebuah universitas membuat mahasiswa sendiri yang harus bersikap aktif untuk mencari informasi tersebut. Berbeda dengan beasiswa sekolah dimana informasi tentang bantuan dana pendidikan tersebut akan disampaikan oleh guru kepada murid-muridnya. Bantuan dalam pendidikan tersebut wujudnya bisa berupa beasiswa kuliah luar negeri dan juga dalam negeri. Anda bisa mencari informasi tentang prosedur, prasyarat dan sebagainya.

2. Lakukan riset

Cara selanjutnya adalah Anda bisa melakukan riset dengan bertanya yang bersangkutan seperti staff TU, dosen maupun guru. Diskusikanlah bersama mereka. Melakukan riset di sekolah atau kampus ini lebih aman dan juga lebih terpercaya.

3. Pahami jenis dan program beasiswa yang Anda incar

Ada banyak program beasiswa yang bisa Anda dapatkan. Misalnya saja adalah di kampus atau universitas menyediakan program bidik misi, ada juga program bantuan dana pendidikan BBM dan juga PPA. BBM adalah singkatan dari Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa, sedangkan PPA adalah Peningkatan Prestasi Akademik.

4. Siapkan CV dan Portfolio

CV digunakan untuk mengenal diri Anda dan menilai diri Anda, sedangkan portofolio ini untuk melengkapi data diri Anda. Portofolio ini akan menampilkan organisasi, seminar, perlombaan dan hal apa saja yang telah Anda ikuti. Buat CV dan portfolio terbaik Anda dan tentunya representatif agar bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan seperti yang Anda harapkan.

Mekanisme

Mekanisme yang pertama Anda bisa mengisi formulir yang diberikan stempel oleh sekolah atau kampus. Lengkapi dokumen yang diperlukan, untuk BBM ini biasanya harus disertai dengan surat keterangan tidak mampu yang sudah disahkan oleh dinas terkait.

Mahasiswa maupun siswa yang mengajukan harus aktif dalam organisasi. Setelah itu pengajuan akan diverifikasi. Tidak semua pemohon lolos verifikasi, bagi pemohon yang lolos akan dites, di seleksi dan kemudian di wawancara. Setelah itu akan ada pengumuman siapa saja yang lolos menerima bantuan dana pendidikan tersebut.

Suka Duka Beasiswa

Mendapatkan bantuan dana dalam program pendidikan tentu saja ada suka dan dukanya. Sukanya adalah biaya pendidikan bisa berkurang. Untuk dukanya tidak sedikit misalnya saja adalah penerima bantuan dana pendidikan harus bisa mempertahankan prestasinya agar bantuan yang diberikannya tidak dicabut.

Disamping kepadatan jadwal sekolah atau mata kuliah, harus tetap aktif berorganisasi. Hal ini akan membuat kesibukan bertambah. Yang terakhir adalah ada batasan IPK tertentu yang harus dipertahankan agar beasiswa tidak dicabut.

Setiap kampus memberlakukan kebijakan yang berbeda. Selain mengetahui informasi beasiswa Anda juga harus mengetahui informasi kampus secara mendetail dimana info tersebut bisa Anda dapatkan di Passgrad, platform ini menyediakan informasi tentang kampus, akreditasi kampus beserta jurusannya, akses Passgrad sekarang juga untuk mendapatkan info yang Anda butuhkan.

Bagikan