Jangan Sampai Salah Jurusan, Pilih yang Terbaik untuk Anda dengan 4 Tips Ini!

04 April 2021, 14:55 · 2 menit, 2 detik waktu membaca

Memilih jurusan di perguruan tinggi gampang-gampang susah. Bahkan seperti tantangan tersendiri, sering menimbulkan dilema karena menjadi fondasi bagi Anda agar bisa melewati langkah yang selanjutnya. Di kuliah ini Anda bisa mengembangkan potensi yang Ada di dalam diri Anda dan juga memahami rencana karier di masa depan.

Memilih jurusan di perguruan tinggi gampang-gampang susah. Bahkan seperti tantangan tersendiri, sering menimbulkan dilema karena menjadi fondasi bagi Anda agar bisa melewati langkah yang selanjutnya. Di kuliah ini Anda bisa mengembangkan potensi yang Ada di dalam diri Anda dan juga memahami rencana karier di masa depan.

Tips Memilih

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa memilih jurusan yang tepat. Tujuannya agar Anda tidak menyesal kedepannya dan mendapatkan jurusan kuliah yang benar-benar Anda harapkan. Simak beberapa tipsnya yang bisa Anda pilih berikut ini:

1. Pahami potensi diri

Pertimbangan pertama adalah Anda harus memahami potensi diri terlebih dahulu. Misalnya adalah Anda memilih potensi dalam bidang Sains. Selain itu Anda juga memiliki potensi dalam bidang Matematika maka Anda bisa memilih Statistika maupun Dokter. Namun jika memiliki potensi dalam bahasa asing maupun sastra maka bisa mengambil sastra Inggris maupun Indonesia.

2. Passion

Penting sekali memilih minat jurusan dengan passion Anda. Hal itu karena passion ini menjadi sesuatu yang mana membuat Anda terus berminat mempelajari bidang tersebut. Misalnya saja adalah Anda memiliki kemampuan dalam bidang sains. Anda menyadari jika diri Anda memiliki minat terhadap sastra maka bisa dikatakan passion Anda ini di sastra. Anda bisa mengambil jurusan yang berseberangan dengan minat Anda.

Passion yang Anda miliki ini harus benar-benar kuat. Alasan Anda harus mengikuti passion adalah Anda bisa belajar dengan penuh kegembiraan. Hal itu bisa membuat Anda bisa enjoy dan menikmati belajar Anda, tidak mudah bosan dan sebagainya. Jika tidak sesuai dengan passion akan sulit dalam menyelesaikan kuliah karena tidak ada rasa suka dan minat didalamnya.

3. Lakukan riset

Pilihan jurusan sebaiknya prospektif. Ada jurusan yang banyak diminati karena menjanjikan di masa depan, memiliki peluang kerja yang banyak, banyak dibutuhkan dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Ada beberapa jurusan yang bagus dan dari kampus ternama, namun di lapangan tidak banyak dibutuhkan sehingga hal ini akan menyulitkan Anda dalam mencari pekerjaan.

Contoh yang bagus dan banyak dibutuhkan atau memiliki peluang lapangan kerja yang banyak adalah sastra Inggris, Anda bisa menjadi penulis konten, membuka les privat, dan sebagainya. Selanjutnya ada kedokteran, ilmu komunikasi, ekonomi, teknik mesin, elektro, teknik informatika, perminyakan dan sebagainya.

4. Siap dengan Konsekuensi

Hal yang harus Anda pertimbangkan yang terakhir adalah siap dengan konsekuensi. Misalnya saja adalah Anda memilih sastra Inggris maka Anda harus siap membaca buku yang tebal dalam bahasa Inggris. Jika Anda memilih Animal Husbandry maka Anda harus kontak dengan binatang secara langsung.

Anda harus memastikan universitas yang Anda inginkan ini memiliki jurusan seperti yang diinginkan, Anda bisa mengetahui informasinya di Passgrad yaitu platform yang memberikan informasi kampus beserta jurusannya paling lengkap di Indonesia, Anda juga bisa mudah melihat akreditasi kampus dan akreditasi semua jurusan di kampus tersebut, jangan sampai minim informasi, cari informasi kampus impian Anda sebanyak-banyaknya melalui Passgrad sekarang juga.

Bagikan