Ingin Sukses Tes Masuk Perguruan Tinggi? Ikuti Tips Terlengkapnya Disini!

04 April 2021, 14:50 · 2 menit, 20 detik waktu membaca

Cara sukses tes masuk perguruan tinggi banyak dicari. Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut dengan PTN menjadi impian paling besar bagi pelajar Indonesia. Akan ada kebanggaan tersendiri saat Anda bisa masuk ke PTN ini. Program akreditasi PTN sudah dijamin pemerintah sehingga banyak perusahaan yang melirik lulusan dari PTN.

Cara sukses tes masuk perguruan tinggi banyak dicari. Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut dengan PTN menjadi impian paling besar bagi pelajar Indonesia. Akan ada kebanggaan tersendiri saat Anda bisa masuk ke PTN ini. Program akreditasi PTN sudah dijamin pemerintah sehingga banyak perusahaan yang melirik lulusan dari PTN. Karena beberapa kelebihannya tersebut maka tidak mengherankan jika seleksi untuk bisa masuk ke PTN ini sangat ketat. Anda harus bisa mengalahkan saingan-saingan Anda untuk bisa masuk PTN ini. Ada beberapa ujian atau seleksi jalur masuk PTN yang bisa Anda tempuh seperti berikut ini:

SNMPTN

SNMPTN merupakan cara masuk PTN yang pertama karena jadwal pendaftarannya menjadi yang paling awal. Di tahun 2021 ini jalur SNMPTN telah dibuka sejak bulan Februari 2021 dan tahapan pendaftaran bisa dilakukan sampai dengan tanggal 24 Februari 2021. Persiapan SNMPTN ini tidak bisa dilakukan secara mendadak karena rapor sekolah sejak semester ke-1 sampai dengan semester ke-5 ini akan menjadi faktor utama dari seleksi. Hal itulah yang membuat SNMPTN menjadi jalur masuk PTN tanpa menggunakan ujian. Selain nilai rapor, harus menyiapkan portofolio yang sesuai dengan persyaratan yang dipilih. Jurusan yang menghendaki portofolio seperti olahraga, seni rupa dan sebagainya. Portofolio bisa berupa video, dokumen, karya maupun yang lainnya.

UTBK

UTBK merupakan singkatan Ujian Tulis Berbasis Komputer, artinya Anda akan menggunakan komputer selama proses ujian. UTBK diselenggarakan oleh LTMPT singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga ini mengelola pendaftaran, penjadwalan sampai dengan pengumuman hasil ujian. Mata ujinya berupa TPS atau Tes Potensi Skolastik dan juga Tes Kompetensi Akademik atau TKA. Skor UTBK ini bisa digunakan untuk mendaftar ke PTN

SBMPTN

Jika SNMPTN ini lebih mengutamakan prestasi akademik dan juga non akademik. Penentu lolos atau tidaknya di SBMPTN ini merupakan hasil dari ujian. Skor yang Anda dapatkan dari UTBK ini bisa Anda gunakan untuk bisa mengikuti seleksi ini.

Mandiri

Beberapa jurusan tertentu dan sederet perguruan tinggi ini sulit ditembus karena jumlah peminat yang banyak. Akhirnya jalur mandiri ini bisa menjadi pilihan yang terakhir. Di jalur mandiri setiap PTN akan menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru sama seperti dengan perguruan tinggi swasta.

Tips Lolos SBMPTN

Untuk bisa menembus SBMPTN cukup sulit. Anda harus mengetahui tips dan juga triknya terlebih dahulu. Untuk bisa lolos Anda harus mengurutkan pilihan jurusan sesuai dengan peringkat maupun dengan peminatnya. Urutkan jurusan yang Anda minati dari urutan terbesar sampai dengan terkecil. Setelah itu Anda harus memilih dalam jurusan yang sama meski universitas yang Anda pilih berbeda. Selanjutnya Anda harus menyesuaikannya dengan minat dan juga bakat Anda.

Agar Anda bisa mempersiapkan ujian secara maksimal Anda harus mengetahui informasi tentang kampus atau perguruan tinggi yang akan Anda tuju terlebih dahulu. Anda bisa mengakses Passgrad yaitu platform informasi tentang kampus beserta jurusan-jurusannya di Indonesia yang paling lengkap.

Anda akan mendapatkan informasi tentang universitas yang akurat, tidak ada biaya berlangganan alias gratis, informasi yang diberikan jujur dan kredibel. Jangan sampai gagal tes masuk perguruan tinggi karena minim informasi, akses Passgrad sekarang juga.

Bagikan